TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Mengapa Fosil Perlu Digali?


Tanya:  Pak Yo yang terhormat. Saya sering bertanya-tanya, apakah bola Bumi kita ini dari waktu ke waktu bertambah besar. Kenyataannya, benda purbakala, situs-situs kuno, fosil hewan purba, dan hal-hal yang berasal dari masa lampau selalu ditemukan dengan penggalian. Fosil yang lebih tua ditemukan pada lapisan tanah yang lebih bawah.

Berarti, lapisan tanah tempat ditemukannya benda-benda itu dulunya adalah permukaan tanah yang jauh di atas mereka. Nah, timbunan tanah inilah yang saya pikir akan memperbesar ukuran bola Bumi.
Mengapa benda-benda kuno selalu ditemukan tertimbun? Apa karena letusan gunung berapi? Bagaimana yang sebenarnya terjadi?

Mohon penjelasannya dan terima kasih. (Basuki, di Yogyakarta)

Jawab:  Ada banyak sebab benda-benda purbakala atau fosil terkubur. Ada yang sengaja dikubur oleh pemiliknya (misalnya, benda di kuburan-kuburan kuno). Ada juga yang tertimbun tanah (tanah ini bisa berasal dari gunung meletus, dari binatang atau tumbuhan yang membusuk, ataupun dari kikisan batuan atau tanah yang terbawa angin atau air). Dalam jangka waktu lama, timbunan tanah ini makin lama makin tebal dan membentuk lapisan-lapisan (ini yang menyebabkan fosil yang lebih tua berada ditempat yang lebih bawah). Jadi, kurang tepat kalau mengatakan bola Bumi kita makin lama makin besar.

(Yohanes Surya)