TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Gravitasi Vs Gaya Magnet


Tanya: Prof. Yohanes Surya yang terhormat, saya sangat tertarik dengan semua hal yang berbau luar angkasa. Namun, yang ingin saya tanyakan berkaitan dengan gaya tarik magnet dan Bumi. Apakah keduanya sama? Kenapa gaya tarik magnet hanya bisa berpengaruh terhadap besi, sedangkan gaya tarik Bumi berpengaruh pada semua benda?

Atas jawaban yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih. (Piter, di Tebingtinggi)

Jawab: Gaya tarik Bumi (sering disebut gravitasi Bumi) dan gaya tarik magnet adalah dua gaya yang berbeda. Gravitasi Bumi disebabkan oleh massa Bumi, sedangkan gaya tarik magnet disebabkan oleh magnet.
Magnet sendiri disebabkan oleh gerakan muatan listrik (seperti elektron, proton, dsb.) yang bergerak. Gravitasi Bumi dapat menarik semua benda yang punya massa, sedangkan gaya magnet hanya dapat menarik logam seperti besi, nikel, dan kobalt, atau campuran dari logam-logam ini. Di dalam besi, nikel, dan kobalt terdapat banyak sekali magnet kecil yang disebut domain.


Domain ini arahnya acak sehingga dalam keadaan normal logam-logam itu tidak menunjukkan sifat magnet. Akan tetapi begitu sebuah magnet didekatkan pada logam, domain-domain itu menjadi teratur, menyebabkan logam bersifat magnet. Setelah menjadi magnet, logam-logam itu mudah ditarik oleh magnet lain.



(Yohanes Surya)