TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Baterai Lemah, FM Menghilang


Tanya: Pengasuh "Fenomena" yang terhormat, saya seorang pendengar radio gelombang pendek (short wave/SW). Selama ini saya memperhatikan bahwa penangkapan siaran radio gelombang pendek setelah turun hujan ternyata lebih jernih ketimbang sebelum turun hujan. Mengapa bisa begitu?

Satu lagi, saya masih menggunakan baterai sebagai catu daya radio. Ketika baterai sudah melemah, ternyata radio tidak bisa menangkap sinyal dari gelombang frequency modulation (FM). Padahal, ketika tombol saya pindahkan untuk menangkap gelombang SW, masih bisa terdengar siaran. Kok bisa begitu? (V.W. Suhartono, Kediri)

Jawab: Pak Suhartono di Kediri, sebelum hujan, di udara terdapat banyak sekali partikel (termasuk logam-logam) yang dapat menghambat jalannya gelombang radio. Tentunya, hal ini sangat mengganggu siaran radio. Nah, ketika hujan turun, "rontok"-lah semua penghambat itu, luruh ke Bumi. Udara pun menjadi lebih bersih. Akibatnya, gelombang radio lebih mudah dirambatkan (karena hambatannya berkurang).

Gelombang radio dapat digolongkan menurut panjang gelombangnya, yakni panjang (long wave/LW), sedang (medium wave/MW), pendek (SW/short wave); dan panjang gelombang sangat pendek atau frekuensi sangat tinggi (very high frequency/VHF). Gelombang LW, MW, dan SW dirambatkan dengan memodulasi amplitudonya sehingga dikenal dengan sistem AM (amplitude modulation), sedangkan gelombang VHF dirambatkan dengan memodulasi frekuensi (frequency modulation/FM).

Gelombang-gelombang AM itu dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer sehingga dapat mencapai daerah lebih jauh. Sedangkan gelombang FM tidak dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer. Gelombang ini langsung dipancarkan dari tempat yang tinggi (atau satelit) ke penerima.

Ketika melewati penghalang seperti gedung-gedung tinggi, kualitas gelombang yang sampai ke penerima akan berkurang banyak. Nah, radio yang baterainya lemah tentu sulit menerima gelombang FM, terutama jika terhalang banyak bangunan atau pohon tinggi, tetapi radio ini dapat menerima gelombang AM (dalam hal ini gelombang SW Anda).



(Yohanes Surya)