TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Di Balik rahasia Laser


Tanya: Prof, saya sangat kagum dan heran dengan fenomena sinar laser. Sinar kecil ini nyatanya mampu membelah besi atau baja yang demikian kerasnya. Apa rahasia dari sinar laser itu? Mengapa sinar laser memiliki kemampuan luar biasa? Maaf jika pertanyaan ini terlalu sepele. Terima kasih atas jawaban Anda. (Gatot Sugianto, di Tegal)

Jawab: Mas Gatot, tidak ada pertanyaan yang sepele. Begini, sesuai dengan namanya, LASER atau kepanjangannya Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation dihasilkan melalui pancaran radiasi atom-atom. Kemudian melalui proses stimulasi, pancaran radiasi ini terus dilipatgandakan (amplifikasi) sebelum sinar ini keluar. Proses pelipatgandaan ini menyebabkan berkas sinar yang keluar mempunyai intensitas sangat kuat.

Hal lain yang memperkuat intensitas sinar laser ini ialah ukurannya. Diameter sinar laser sangat kecil sehingga berkas ini benar-benar terfokus. Energi sinar laser yang terfokus itu mempunyai kemampuan sangat dahsyat, sanggup memotong baja yang cukup tebal.

Begitulah, laser yang terlihat kecil itu ternyata memiliki kemampuan yang tidak kecil.



(Yohanes Surya)