TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Beda Waktu Tayangan Televisi


Tanya: Prof. Yohanes, saya mempunyai satu pertanyaan yang sampai saat ini belum saya dapatkan jawabannya. Pertanyaan saya itu timbul ketika saya menonton suatu acara yang disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi. Meskipun acara yang disiarkan itu sama, mengapa ketika ditangkap di pesawat televisi ada perbedaan waktu penayangan antara siaran stasiun televisi yang satu dengan lainnya. Perbedaan waktu itu memang tidak lama, cuma dalam hitungan detik. Mengapa hal ini terjadi? Terima kasih atas jawaban Prof. Yohanes. (Budhi Santoso, Bandung)

Jawab: Dalam proses pengiriman gambar dan suara dari suatu siaran televisi yang Anda terima selalu melalui satelit. Supaya gampang, kita mabil contoh siaran suatu acara yang sama oleh berbagai stasiun televisi. Reporter dari lokasi acara berlangsung pengirim berita mengirim berita ke suatu pemancar (stasiun) televisi yang dimiliki oleh tiap stasiun televisi. Pemancar ini mengirimkan berita itu ke satelit. Dari satelit berita ini dipancarkan ke segala penjuru yang ada stasiun relainya untuk dipancarkan ke pesawat televisi Anda. Antara satu pemancar (stasiun) televisi dan pemancar (stasiun) televisi lain jaraknya berbeda-beda. Begitu juga jarak stasiun relainya. Mungkin ini yang menyebabkan penerimaan berita dari dua stasiun televisi berbeda sedikit waktunya, meskipun acara yang disiarkan sama.



(Yohanes Surya)