TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Gerakan Aneh Di Rekaman Layar TV


Tanya: Prof. Yohanes yang pintar, ada sesuatu yang membuat saya penasaran ketika saya mengambil gambar menggunakan kamera atau handycam dengan objek layar TV atau komputer yang sedang menyala. Ketika diputar, hasil pengambilan gambar itu akan memperlihatkan layar monitor (objek) yang bergerak-gerak ke atas ke bawah. Tampilan ini berbeda dari objek selain layar. Ada apa dengan objek monitor yang sedang menyala tersebut? Apa mengandung elektromagnetik?  Terima kasih atas jawabannya Prof. yang pintar. (Yudi Juliana, di Bandung)

Jawab: Sebelumnya, terima kasih atas pujian Anda. Begini Sdr. Yudi, pada layar TV terdapat fosfor dan di belakangnya ada seperti senapan yang bisa menembakkan elektron-elektron. Ketika elektron mengenai layar TV, fosfor pada layar TV akan berpendar. Pendaran fosfor ini yang membentuk gambar-gambar pada layar. Penembakan elektron ke layar tersebut dilakukan baris demi baris (seperti sebuah scanner), setelah sampai ke bawah maka elektron akan mulai menyapu kembali bagian atas, dan bagian bawah menjadi gelap. Hal ini terjadi dengan cepat sekali, 60 - 80 kali setiap detik (yang dikenal dengan istilah refresh rate) sehingga mata kita tidak menyadari prosesnya. Namun, proses sapuan elektron ini dapat ditangkap oleh kamera atau handycam. Itulah sebabnya mengapa tampilan gambar yang direkam menampakan garis putih yang bergerak-gerak.



(Yohanes Surya)