TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Kemiri Tak Bikin Kuah Meluap


Tanya: Terima kasih atas Rubrik "Fenomena" dan kebetulan saya memiliki pertanyaan yang belum terjawab sampai kini. Begini Prof., kalau kita memasak sayur yang banyak kuahnya seperti sup, atau merebus sayuran lainnya, pada saat mendidih kuahnya akan meluap. Hal ini tentu akan mengotori kompor. Menurut tukang masak di rumah, jika ke dalam panci masak itu dimasukkan beberapa butir buah kemiri, maka pada saat mendidih kuah tidak akan meluap. Mengapa bisa begitu? Terima kasih lo atas jawabannya. (Adi di Jember)

Jawab: Pada keadaan normal air murni akan mendidih pada suhu 100oC. Selama proses mendidih ini terjadi perubahan wujud air dari cair ke gas (berupa uap air) yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung gas. Gelembung-gelembung gas ini yang membuat sebagian air tumpah.

Lalu, mengapa ketika kemiri ditambahkan ke panci kuah tidak meluap lagi? Penambahan kemiri (sebenarnya sih tidak harus kemiri sebab zat lain pun bisa) dapat menaikkan titik didih air. Artinya, air akan mendidih pada suhu di atas 100oC. Jadi, pada suhu 100oC air belum mendidih sehingga gelembung-gelembung gas akan berkurang dengan sendirinya.

Kuah pun tidak meluap lagi. Lalu, Adi tak perlu membersihkan kompor atau tungku tempat memasak. Begitu 'kan?



(Yohanes Surya)