TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Teleportasi Manusia, Nonsense


Tanya: Saya pernah melihat di film-film fiksi-ilmu pengetahuan seperti Star Trek orang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu kotak khusus. Saya tidak pernah memahami hal ini dan menganggapnya sebagai suatu imajinasi dari orang-orang film semata. Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu, saya membaca referensi mengenai teori ”Mekanika Kuantum”. Dari teks tersebut saya mendapati bahwa benda yang bergerak mempunyai sifat dualisme: sebagai materi dan gelombang. Apakah teori itu yang digunakan dalam film fiksi-ilmu pengetahuan serupa? Jika benar, orang yang masuk ke dalam kotak terlihat berdiri diam. Apakah ia sudah dianggap ”bergerak” mengingat tidak ada benda di dunia ini yang sepenuhnya diam? Bagaimana pula perkembangan hal tersebut dewasa ini mengingat banyaknya kemudahan yang dapat diperoleh jika hal itu bisa diwujudkan? Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih.  (Aurelia Claresta, di Jakarta)

Jawab: Peristiwa yang terlihat di film Star Trek itu dinamakan teleportasi. Dalam peristiwa ini benda yang akan diteleportasi dipindai dulu. Hasilnya yang berupa informasi lengkap tentang benda ini kemudian dikirimkan ke tempat yang diinginkan. Di tempat baru ini informasi tadi diolah dan dibentuk kembali menjadi benda semula. Saat benda ini dibentuk, benda asalnya lenyap.

Kalau bingung, proses teleportasi ini mirip dengan mesin faksimili tiga dimensi. Hanya saja dalam proses ini benda aslinya lenyap. Ke depannya proses ini diharapkan dapat dipakai untuk mengirim benda mati. Namun, untuk benda hidup tampaknya tidak mungkin terjadi.

Mau mengerti lebih detail, silakan kunjungi situs: http://www.research.ibm.com/quantuminfo/teleportation/.

(Yohanes Surya)