TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Duri Bandeng Gampang Diambil


Tanya: Pak Yohanes, salah satu hobi saya jika sedang berlibur yaitu membantu ibu memasak di dapur. Saya paling suka jika disuruh membersihkan ikan. Apalagi jika ikan itu bandeng, satu-satunya ikan yang bisa saya bersihkan hingga ke tulang-tulangnya. Namun, hal itu membuat saya kesal dan bertanya-tanya, kenapa sih hanya ikan bandeng yang bisa diambil tulangnya, mengapa ikan lain tidak bisa? Semoga pertanyaan ini tidak menggelikan Profesor. Terima kasih atas jawabannya. (Suminah, di Palembang)

Jawab: Ikan bandeng terkenal sangat gurih tetapi banyak sekali duri atau tulangnya. Di perutnya terdapat 16 pasang tulang besar, sedangkan di punggungnya ada 42 pasang duri bercabang. Lalu sepanjang garis lateral terdapat beberapa pasang duri cabang.Walau banyak jumlahnya, duri-durinya mudah dicabut karena tidak terlalu halus seperti duri ikan mas. Duri-duri itu dapat dicabut dengan pinset.



(Yohanes Surya)