TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Gelembung Gas Effervescent


Tanya: Prof. Yohanes, pertanyaan saya singkat saja. Saya sering minum suplemen vitamin C berbentuk tablet effervescent. Ketika tablet itu saya masukkan ke dalam air minum, ia mengeluarkan gelembung gas. Yang saya ingin tanyakan, bagaimana hal itu terjadi? Bahan kimia apa yang menyebabkan hal itu? Apakah sama seperti minuman cola? Atas jawabannya saya mengucapkan terima kasih. (Hayu Pratidina, di Magelang)

Jawaban Effervescent artinya berhubungan dengan gas atau gelembung-gelembung. Jadi, suatu tablet disebut effervescent tablet jika tablet itu menghasilkan gelembung-gelembung gas ketika dicelupkan dalam air. Gas yang keluar adalah gas karbondioksida (CO2), sama dengan gas yang ada dalam minuman cola.  CO2 termasuk gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Walau tidak beracun, gas ini bisa membunuh kalau terhisap terlalu banyak. Juga sangat mudah larut dalam air dan dapat dibuat padat melalui tekanan tertentu. Pada effervescent tablet, gas CO2 yang telah dipadatkan dicampur dengan vitamin atau obat. Ketika tablet ini dimasukan dalam air, gas akan segera larut. Karena gasnya larut, secara otomatis butiran-butiran obat atau vitamin akan ikut larut juga. Di dalam air karbon dioksida akan berubah menjadi asam karbonat. Asam karbonat inilah yang memberikan rasa "menggigit" pada minuman bersoda atau pada larutan effervescent tablet.



(Yohanes Surya)