TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Citrun Bikin Baju Bersih


Tanya: Halo Prof. langsung aja nih. Saya tinggal di rumah yang tanah bekas rawa atau sawah. Jadi, airnya tidak bagus. Kalau dipakai untuk mencuci baju putih, akan membuat baju jadi kuning. Tetapi hasil cucian tetap putih setelah baju0baju itu saya rendam beberapa waktu dalam air yang diberi citrun. Begitu juga air butek (keruh), bila diberi citrun, akan jadi bening setelah didiamkan beberapa lama. Mengapa hal ini terjadi? Begitu saja Prof. pertanyaan dari saya. Terima kasih. (Wiwik. G., wiwik@xxx.co.id)

Jawab: Zat yang mengandung asam atau basa dapat bereaksi dengan kotoran-kotoran di pakaian. Reaksi ini akan melepaskan (melarutkan) kotoran dari pakaian tersebut. Basa banyak terdapat pada sabun cuci. Itu sebabnya sabun cuci dapat membersihkan kotoran. Citrun mengandung asam, sehingga juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan. Ketika menggunakan asam atau basa, kita harus berhati-hati. Jika asam yang digunakan terlalu kuat (seperti pada air aki), dapat membahayakan diri kita. Jadi, sifat asam citrun itulah yang membuat kotoran yang menempel pada pakaian putih tersingkir.



(Yohanes Surya)