TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Pelatihan Guru

Pelatihan Guru - Tanah Laut

Guru merupakan unsur  yang sangat penting dalam pendidikan. Tanpa guru yang baik dan yang mampu mengajar secara gampang, asyik dan menyenangkan sulit bagi  para siswa untuk belajar dengan baik. Akibatnya kita tahu bahwa siswa-siswa kita menjadi takut pada apa yang namanya  Matematika, Fisika dan Kimia. Mereka bahkan menjuluki ketiga pelajaran ini sebagai MAFIA.

Yohanes Surya terpanggil melatih para guru ini agar dapat mengajar secara gampang, asyik dan menyenangkan. Karena itulah  ia mengembangkan suatu pembelajaran Fisika/Matematika  yang gampang, asyik dan menyenangkan yang disingkat dengan GASING. Kata GASING ini sering dipelesetkan sebagai “gak pusing”. Pembelajaran ini akan membantu para guru untuk mengajar Fisika/Matematika secara gampang dan tentu saja asyik serta menyenangkan.

Fisika Gasing untuk SMP sudah selesai, buku Fisika Gasing SMA masih dalam taraf penyempurnaan. Dalam Fisika Gasing ini kita menyelesaikan soal tidak dengan rumus-rumus yang formal, tetapi sebagai gantinya kita gunakan matematika yang sangat sederhana. Sehingga anak SD pun bisa belajar fisika se level SMA. Dalam suatu pelatihan di daerah Tangerang, guru Biologi yang sudah dilatih mampu mengerti  fisika dengan baik bahkan mampu mengajarkannya pada siswanya.  Dalam test-test yang diberikan ternyata kemampuan guru Biologi dalam menyerap fisika gasing ini lebih baik dari guru fisika yang ada.

Sudah ribuan guru dilatih.  Respon para guru sangat luar biasa. Mereka senang dengan model pelatihan yang diberikan oleh tim dari Surya Institute ini.  Banyak ide baru dalam pembelajaran Gasing ini menginspirasi para guru Fisika untuk membuat fisika itu menjadi mudah.  Lewat kampanye Fisika Gasing, (program TOT, training of teachers)Prof. Yohanes Surya mentargetkan melatih seluruh guru fisika dikabupaten/kota.

Disamping melatih pembelajaran GASING, Yohanes Surya dan tim juga melatih  guru-guru di kabupaten/kota untuk mempersiapkan siswanya menghadapi lomba-lomba sains dan matematika seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pelatihan ini terdiri dari 5 hari di kabupaten/kota  setempat  (masing-masing terdiri dari 20 guru) dan dinamakan WOMS (Workshop Olimpiade Matematika dan Sains). Tahun 2007 sekitar 56 kabupaten/kota dari Sabang hingga Merauke ikut dalam pelatihan ini. Para guru dikabupaten-kabupaten ini sangat menikmati pelatihan ini. Saking senangnya seringkali para pelatih di jamu oleh peserta, ada yang pulangnya dikasih oleh-oleh dan para peserta minta agar para pelatih ini jangan jemu-jemu kembali kedaerah tersebut.

Bagi daerah/sekolah yang ingin guru-gurunya dilatih dapat melayangkan surat ke :

Surya Institute
Lippo Cyber Park No. 2071
Jl. Boulevard Gajah Mada, Lippo Karawaci
Tangerang – Banten, 15810
Indonesia
Telp: +62 21 – 5512584
Fax: +62 21 -5512585
Email:
yuniwa@suryainstitute.org

Link:

- http://www.suryainstitute.org

- WOMS

- WOMS Foto Gallery




Yohanes Surya