IZhO ke-10
Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10

Selamat kepada Tim Indonesia yang berhasil meraih 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu dalam International Zhautikov Olympiad 2014 yang diadakan di kota Almaty, Kazakhstan pada tanggal 12-18 Januari 2014.

 Surya University
Untukmu bangsa tercinta, Surya University kebanggan Indonesia

Surya University (Unvertas Surya) didirikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 07/E/O/2013

 Liputan Media
Tidak ada Anak Bodoh

Ketika dunia pendidikan sedang dipusingkan oleh masalah ujian nasional dan penyusunan kurikulum baru, Yohanes Surya justru bersetia menjalankan misinya: mencetak murid Indonesia berprestasi.

 APhO ke-14
Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam APhO ke-14.

Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam Asian Physics Olympiad ke-14 yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 5 - 13 Mei 2013.

STKIP Surya
STKIP Surya
2009-11-25 17:04:34

Pendahuluan

Indonesia butuh guru yang berkualitas!  Ya benar, pendidikan Indonesia terpuruk karena kurangnya guru yang berkualitas. Kebutuhan akan guru berkualitas ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tetapi juga oleh seluruh dunia. Badan dunia UNESCO telah mendesak pemerintahan di seluruh dunia agar mencetak guru-guru yang berkualitas.

Adanya desakan yang demikian besar ini,  Prof. Yohanes Surya Ph.D tergerak untuk mendirikan suatu Institute setingkat dengan universitas yang dinamakan Surya Institute for Science, Computer  and Math Education atau STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Surya.

STKIP Surya akan mendidik ribuan guru dan akan mengubah pembelajaran sains, komputer (teknologi informasi) dan matematika yang semula sulit dan menakutkan menjadi GASING (GAmpang, aSyIk menyenaNGkan) dengan memanfaatan teknologi informasi terkini.  Diharapkan dengan menyukai sains dan matematika ke depannya siswa-siswa Indonesia tidak takut-takut lagi untuk menjadi ilmuwan-ilmuwan handal. Dengan banyaknya ilmuwan-ilmuwan handal di Indonesia maka Indonesia akan tumbuh menjadi negara yang maju, sejahtera, dihormati dan dikagumi oleh bangsa manapun.

STKIP Surya juga dibangun untuk memenuhi kebutuhan guru-guru sains, komputer (teknologi informasi) dan matematika yang mampu mengajar dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) untuk keperluan sekolah bertaraf internasional yang ada diseluruh kabupaten/kotamadya di Indonesia.

Lewat STKIP Surya, Indonesia akan menjadi pusat pengembangan metode pembelajaran GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) yang telah dimulai oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D. Dengan metode ini Prof. Yohanes Surya, Ph.D telah melatih  anak-anak dari pedalaman Papua belajar matematika dengan mudah. Metode GASING yang lebih menekankan pada penggunaan  logika ini telah mampu menelurkan banyak pelajar-pelajar Indonesia menjadi juara dunia dalam bidang Fisika/Sains baik untuk tingkat SMP maupun tingkat SMA.  Saat ini lebih dari 5000 guru di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat metode GASING yang diharapkan akan berkembang ke seluruh dunia.

Berkaitan dengan olimpiade (khususnya olimpiade Fisika, Matematika dan Komputer/Informasi)  STKIP Surya akan menjadi pusat pelatihan awal bagi mereka untuk meraih prestasi setinggi-tingginya dalam mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia internasional.

Beberapa pengajar full-time STKIP Surya antara lain Prof. Yohanes Surya Ph.D, Dr. Joko Saputro (pelatih olimpiade komputer), Dr. Hendra Kwee (pelatih olimpiade fisika), Dr. Jong Anly, Dr. Eddy Yusuf, Dr. Puji Untoro, Anton Wardaya M.Sc (pelatih olimpiade math), Surya Wijaya M.Sc (pelatih olimpiade math), Mariana Rajawane M.Sc (pelatih Fisika Gasing), Mariana Li (pelatih kimia). Saat ini sudah sekitar 15 Ph.D (doktor) menyatakan kesediaannya untuk bergabung di STKIP Surya tahun 2010/2011.

 

Visi STKIP Surya

Membangun manusia Indonesia yang cinta sains dan matematika

Misi STKIP Surya

Membuat pembelajaran sains dan matematika di Indonesia menjadi pembelajaran yang GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini.

Target

Menghasilkan guru-guru dengan kualifikasi:

1.      Mampu mengajar sains, teknik informasi dan computer, dan matematika secara GASING dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini (termasuk animasi, e-learning dsb).

2.      Mampu mengajar olimpiade sains, teknik informasi dan computer, dan matematika tingkat SD, SMP atau SMA

3.      Mampu mengajar sains, teknik informasi dan computer, dan matematika dalam dua bahasa di sekolah bertaraf international (SBI, nasional plus ataupun sekolah internasional)

4.      Mampu mengajar dengan hati (great teacher tidak sekedar good teacher  saja).

5.      Siap dan mempunyai kemampuan cukup untuk melanjutkan ke jenjang S2/S3

Lapangan pekerjaan bagi lulusan STKIP Surya

1.      Pengajar olimpiade sains , teknik informasi dan computer, , dan matematika tingkat SD, SMP atau SMA

2.      Pendiri bimbingan belajar berkualitas untuk sains, teknik informasi dan komputer, dan  matematika

3.      Pengajar sains, teknik informasi dan computer, atau matematika di Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), sekolah nasional plus ataupun sekolah internasional.

4.      Konsultan pendidikan

5.      Pengembang (wirausawahan) software pendidikan sains dan matematika

6.       Sarjana yang siap untuk melanjutkan ke jenjang S2/S3.

Angkatan pertama STKIP Surya akan dimulai tanggal 6 September 2010.

Jurusan yang dibuka:

1.      Pendidikan Fisika

2.      Pendidikan Matematika

3.      Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer

STKIP Surya saat ini sedang membuka lowongan bagi pengajar full-time ataupun part-time dalam berbagai bidang (termasuk tenaga administrasi). Informasi lebih lanjut bisa kontak Sri Irianti Warek (wakil rektor) II  di email: sirianti@gmail.com

STKIP Surya juga sedang membuka penerimaan mahasiswa baru. Pemda-pemda atau yayasan pendidikan terutama di daerah-daerah diharapkan dapat mengirimkan putra/i-nya untuk kami didik menjadi guru yang handal. Informasi penerimaan mahasiswa baru atau beasiswa bisa kontak Rudy Budiarto di hp: 0815 10388155 atau email: rudybudiarto@gmail.com  dan stkipsurya@gmail.com. Khusus untuk PEMDA menghubungi  Johny S Liong di hp: 08161317814 dan email: johnyliong@gmail.com

Website www.stkipsurya.ac.id masih dalam konstruksi.



Rating: 3.6/10 (42 votes cast)

Previous Next
yohanessurya.com
Saat ini belum ada komentar yang masuk. Silakan memberikan komentar Anda..

 characters left