IZhO ke-10
Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10

Selamat kepada Tim Indonesia yang berhasil meraih 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu dalam International Zhautikov Olympiad 2014 yang diadakan di kota Almaty, Kazakhstan pada tanggal 12-18 Januari 2014.

 Surya University
Untukmu bangsa tercinta, Surya University kebanggan Indonesia

Surya University (Unvertas Surya) didirikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 07/E/O/2013

 Liputan Media
Tidak ada Anak Bodoh

Ketika dunia pendidikan sedang dipusingkan oleh masalah ujian nasional dan penyusunan kurikulum baru, Yohanes Surya justru bersetia menjalankan misinya: mencetak murid Indonesia berprestasi.

 APhO ke-14
Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam APhO ke-14.

Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam Asian Physics Olympiad ke-14 yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 5 - 13 Mei 2013.

2nd WoPhO
2nd World Physics Olympiad Jadilah Juara Olimpiade Fisika Tingkat Dunia Selanjutnya
2012-12-29 10:07:07

(28/12) Menjadi seorang pemenang dari sebuah kompetisi tentunya amat membanggakan. Lalu, apa rasanya jika dinobatkan sebagai pemenang dari semua juara Olimpiade Fisika sedunia? Itulah yang diincar para peserta 2nd World Physics Olympiad (WoPhO) yang akan diselenggarakan di Tangerang, 28 Desember 2012-3 Januari 2013 di Hotel Aryaduta Lippo Village, Tangerang Indonesia.

Dalam babak final Olimpiade Fisika Sedunia tingkat Sekolah Menengah Atas ini, para peraih medali dari berbagai kejuaraan Olimpiade Fisika dan para penantang yang lolos proses seleksi ketat akan bertanding. Mereka akan saling beradu kemampuan, baik secara teori maupun eksperimen, untuk memperebutkan gelar juara Olimpiade Fisika sejati.

Sebanyak 72 peserta akan berlomba dalam kejuaraan ini. Tiga puluh delapan peserta adalah peraih medali emas ataupun perak dari International Physics Olympiad (disingkat IPhO) maupun Asian Physics Olympiad (disingkat APhO). Sedangkan peserta lain yang bisa mengikuti kejuaraan ini antara lain adalah mereka yang berhasil lolos babak penyisihan (diadakan 1 Februari-31 Juli 2012 secara online dan dilanjutkan dengan sesi diskusi pada 1 Agustus 2012), mahasiswa tingkat 1 perguruan tinggi top dunia yang diundang khusus oleh international board WoPhO, dan peserta tamu dari berbagai negara.

WoPhO tahun ini diikuti oleh 16 negara. Mereka adalah Belarusia, Bosnia & Herzegovina, Brazil, Bulgaria, China, Estonia, Hungaria, India, Indonesia, Jerman,  Polandia, Romania, Rusia, Singapura, Swiss, dan Vietnam.

Olimpiade Fisika ini dibuka di Hotel Aryaduta, Tangerang, Indonesia oleh Presiden WoPhO, Herry Kwee, PhD dan akan didampingi oleh Prof. Yohanes Surya, PhD selaku penggagas WoPhO dan founder dari Surya Institute.

Dalam pidatonya, Herry Kwee mengatakan, “Melalui diselenggarakannya WoPhO, minat dan partisipasi siswa SMA khususnya dalam mengikuti Olimpiade Fisika meningkat lebih jauh. Selain itu, dengan mengikuti olimpiade ini diharapkan para peserta juga bisa mendapatkan pengalaman berharga serta kesan yang baik mengenai negara Indonesia.”


Lebih jauh tentang 2nd WoPhO


World Physics Olympiad atau disingkat WoPhO merupakan pertandingan Fisika tingkat dunia dan dapat diikuti oleh peserta dari seluruh dunia. WoPhO merupakan suatu kompetisi Fisika yang terbilang baru dan diprakarsai oleh Prof. Yohanes Surya PhD.

Sistem pertandingan sedikit berbeda dengan olimpiade lainnya, olimpiade ini terdiri dari tiga tahapan selection round (Januari –Juni 2012) , discussion round (Juli- Desember 2012) dan terakhir final round (Desember 2012- Januari 2013).  Pada tahap final Olimpiade ini akan terbagi ke dalam dua babak, yaitu babak teori dan eksperimen. Babak teori terdiri atas 3 masalah yang harus dipecahkan dalam jangka waktu paling lama 6 jam. Sedangkan babak eksperimen terdiri atas 2 masalah dan juga harus dipecahkan dalam kurun waktu kurang dari 6 jam. Semua soal akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Pemenang akan ditentukan dari nilai akhir kompilasi di tahap final, yang nantinya akan menghasilkan 10 peraih medali emas, 10 peraih medali perak, dan 10 peraih medali perunggu. Untuk juara WoPhO yang mendapatkan nilai tertinggi dan berhasil mengalahkan juara APhO/IPhO nantinya berhak mendapatkan gelar “The Real Winner of Physics Olympiad” dan hadiah senilai USD 20.000. Sedangkan apabila pemenang merupakan juara APhO/IPhO, maka mereka hanya akan mendapatkan hadiah sebesar USD 15.000 dan gelar “The Real Winner of Physics Olympiad”.

Tim juri yang akan menilai hasil tes para peserta terdiri dari international board, international jury, pemenang kompetisi pembuatan soal, dan panitia akademik lokal dari STKIP Surya. International board terdiri dari 11 orang dari 8 negara, yaitu Belanda, China, Hungaria, Estonia, Indonesia, Kanada, Polandia, Rusia, dan Vietnam. Dua orang international jury berasal dari Amerika Serikat dan Belarusia. Empat pemenang kompetisi pembuatan soal berasal dari Bulgaria, Indonesia, Hungaria, dan Kazakstan. Sedangkan juri dari STKIP Surya berjumlah 4 orang. Total keseluruhan juri adalah 21 orang.
Tahun 2011, WoPhO pertama diadakan di Lombok Indonesia dengan peserta yang berasal dari 15 negara. (***)






Error connecting to mysql