IZhO ke-10
Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10

Selamat kepada Tim Indonesia yang berhasil meraih 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu dalam International Zhautikov Olympiad 2014 yang diadakan di kota Almaty, Kazakhstan pada tanggal 12-18 Januari 2014.

 Surya University
Untukmu bangsa tercinta, Surya University kebanggan Indonesia

Surya University (Unvertas Surya) didirikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 07/E/O/2013

 Liputan Media
Tidak ada Anak Bodoh

Ketika dunia pendidikan sedang dipusingkan oleh masalah ujian nasional dan penyusunan kurikulum baru, Yohanes Surya justru bersetia menjalankan misinya: mencetak murid Indonesia berprestasi.

 APhO ke-14
Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam APhO ke-14.

Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam Asian Physics Olympiad ke-14 yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 5 - 13 Mei 2013.

2nd WoPhO
World Physics Olympiad 2012 2nd WoPhO Lahirkan Juara Dunia Fisika
2013-01-05 10:08:56

(02/01) Olimpiade Fisika Dunia ke-2 (disingkat WoPhO) akhirnya mencapai titik akhir. Juara- juara Fisika dunia baru telah lahir, ini diketahui bersamaan dengan ditutupnya 2nd WoPhO di Hotel Aryaduta, Tangerang, Indonesia.

Juara pertama diraih Siyuan Wei dari China. Ia mengalahkan the absolute winner Asian Physics Olympiad 2012 Wenjie Yao dan the absolute winner International Physics Olympiad 2012 Attila Szabo. Dengan demikian Siyuan Wei menjadi juara dunia fisika 2012 (The Real Champion of The Physics Olympiad). Siyuan Wei berhak mendapat hadiah sebesar US $ 15.000 + Prabowo Subianto Award. Di samping The Real Champion of The Physics Olympiad, Siyuan Wei juga memperoleh predikat “The Best of The Best Theoretical” dan mendapat hadiah US $ 7500.

Untuk the best of the best Experimental diraih oleh Lev Ginzburg dari Rusia. Ia juga mendapat hadiah US $ 7500.

Dalam Olimpiade ini walaupun Indonesia meraih 1 medali perunggu (atas nama Himawan Winarto) namun Indonesia pantas berbangga karena berhasil meraih 2 medali emas dalam lomba membuat soal WoPhO. Oki Gunawan dengan soalnya yang berjudul Tornado yang dipakai sebagai soal teori di WoPhO 2012 ini berhasil meraih medali emas dan uang tunai $ 20.000.  Pada lomba soal eksperimen WoPhO, Oki Gunawan dan Yudistira Virgus meraih medali emas dan uang tunai $ 25.000 karena soal eksperimennya yang berjudul Pencil in a magnetic trap.

Oki Gunawan adalah alumni TOFI 1993 yang mendapat Ph.D dari Princeton University, sedangkan Yudistira Virgus adalah peraih emas IPhO 2004 dan sekarang sedang ambil Ph.D di William and Mary Virginia. Soal yang mereka buat mendapat pujian yang sangat tinggi sebagai soal yang kreatif dan inovatif dari para juri internasional.

Pertandingan WoPhO yang berlangsung sejak 28 Desember 2012-3 Januari 2013 berjalan sangat lancar, sukses, dan tertutup khususnya untuk pengerjaan soal. Olimpiade ini terbagi ke dalam 2 sesi: tes teori di hari pertama (29 Desember 2012) dan eksperimen di hari kedua (30 Desember 2012). Tes teori dan eksperimen masing-masing terdiri dari 3 dan 2 soal yang harus dikerjakan dalam kurun waktu 6 jam. Kelima soal yang diberikan berbicara antara lain mengenai magnetic monopole, minyak dan gas, kupas tuntas aspek fisika tornado, thermoelectricity,dan levitasi menggunakan magnet.  

Sebanyak 72 peserta dari 16 negara berlomba dalam kejuaraan ini. Tiga puluh delapan di antaranya adalah para peraih medali emas ataupun perak dari IPhO atau Asian Physicas Olympiad (AphO). Sedangkan peserta lain berasal dari mereka yang berhasil lolos babak penyisihan, mahasiswa tingkat 1 perguruan tinggi top dunia yang diundang khusus oleh international board WoPhO, dan peserta tamu dari berbagai negara

Tim juri yang menilai hasil tes peserta terdiri dari international board, international jury, pemenang kompetisi pembuatan soal, dan panitia akademik lokal dari STKIP Surya. International board terdiri atas 11 orang dari 8 negara, yaitu Belanda, China, Hungaria, Estonia, Indonesia, Kanada, Polandia, Rusia, dan Vietnam. Dua orang international jury berasal dari Amerika Serikat dan Belarusia. Lima pemenang kompetisi pembuatan soal berasal dari Bulgaria, Indonesia, Hungaria, dan Kazakstan. Sedangkan juri dari STKIP Surya berjumlah 4 orang. Total keseluruhan juri berjumlah 21 orang.




Name

Country

Award

Siyuan Wei

China

The Real Winner of

the Physics Olympiads;

Best of The Best Theroritical, Gold

Lev Ginzburg

Russia

Best of the Best Experimental; Gold

Attila Szabó

Hungary

Gold

Yan Qi Huan

Singapore

Gold

Wenzhuo Huang

China

Gold

Yijun Jiang

China

Gold

Heng Luo

China

Gold

Lorenz Eberhardt

Switzerland

Gold

Heming Wang

China

Gold

Chi Shu

China

Gold

Ngoc Hai Dinh

Vietnam

Silver

Yue Ding

Singapore

Silver

Joseph Jun Jie Kuan

Singapore

Silver

Ivan Ivashkovskiy

Russia

Silver

Wenjie Yao

China

Silver

Albert Samoilenka

Belarus

Silver

Phi Long Ngo

Vietnam

Silver

Chen Xin

China

Silver

Jie Liang Lee

Singapore

Silver

Ivan Tadeu Ferreira Antunes Filho

Brazil

Silver

Yordan Yordanov

Bulgaria

Bronze

Konrad Szymanski

Poland

Bronze

Jakub Supeł

Poland

Bronze

Cristian Dan Andronic

Romania

Bronze

Qiao Gu

Germany

Bronze

Katerina Naydenova

Bulgaria

Bronze

Nikita Sopenko

Russia

Bronze

Michal Jan Pacholski

Poland

Bronze

Jaan Toots

Estonia

Bronze

David Frenklakh

Russia

Bronze

Himawan Wicaksono Winarto

Indonesia

Bronze

Alexandra Vasilyeva

Russia

Bronze

Ihar Lobach

Belarusia

Bronze




Error connecting to mysql